);

Hasil Audit Perusahaan Dan Para Pihak Yang Membutuhkannya

Bagi para perusahaan, menyerahkan laporan keuangan yang valid adalah sebuah keharusan. Hal ini wajib dilakukan jika tidak ingin para investor menarik kembali investasinya yang telah dikucurkan oleh perusahaan. Selain itu, adanya laporan keuangan juga harus diserahkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

https://auditakuntansi.com/

Di dunia keuangan, laporan keuangan harus diperiksa oleh pihak ketiga untuk menghindari adanya kecurangan. Salah satu pihak yang berwenang untuk mengecek keakuratan laporan keuangan perusahaan adalah jasa audit.

Berbagai Pihak Yang Membutuhkan Hasil Audit Perusahaan

Ada dua jenis auditor, yaitu auditor internal dan eksternal. Biasanya, yang tergabung dalam jasa audit yaitu auditor ekternal. Sedangkan auditor internal bekerja sebagai pegawai perusahaan.

Hasil audit yang dikerjakan oleh auditor sangat banyak manfaatnya bagi perusahaan. Hasil tersbeut akan diserahkan kepada berbagai pihak yang membutuhkannya. Siapa sajakah pihak tersebut? Berikut ini jawabannya :

  1. Owner perusahaan

Laporan keuangan perusahaan yang dikendalikan banyak pihak sangat berguna bagi pemilik perusahaan. Laporan ini nantinya digunakan untuk mengambil keputusan manajerial terkait perusahaan di masa depan.

  1. Para investor

Para investor yang menanamkan modal mereka kepada perusahaan berhak mengetahui hasil akhir dari laporan keuangan. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan laporan keuangan sebuah perusahaan untuk menentukan apakah mereka akan meneruskan investasi tersebut atau tidak.

  1. Para kreditur

Para kreditur yang berfungsi untuk meminjami dana perusahaan juga layak diberi laporan keuangan perusahaan. Bagi perusahaan, laporan tersebut berguna untuk menunjukkan apakah merkea layak untuk mendapatkan kucuran dana dari para kreditur atau tidak.

  1. Pihak manajerial perusahaan

Pihak manajemen yang berwenang unuk mengambil keputusan terkait perusahaan juga berhak untuk diberi laporan keuangan. Hal ini berguna untuk memutuskan rencana terkait manajemen perusahaan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan.

Dan masih ada banyak lagi pihak-pihak yang membutuhkan hasil dari laporan keuangan perusahaan, contohnya karyawan, pelanggan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sebaiknya perusahaan menyewa jasa audit internal maupun eksternal yang mampu mengurus laporan keuangan perusahaan dengan sebaik mungkin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *