);

Kepolisian Resor(Polres)

Kepolisian Resor  (Polres) adalah struktur komando Kepolisian Republik Indonesia di daerah kabupaten/kota. Kepolisian Resor di wilayah perkotaan yang disebut Kepolisian Resor Kota (Polresta).

www.kompolmas.tv

Tugas dan fungsi Polres/Polresta terdiri dari :

  1. a) Kepolisian Resort yang selanjutnya disingkat Polres/Polresta adalah pelaksana tugas dan wewenang Polri di wilayah kabupaten/kota yang berada di bawah Kapolda.
  2. b) Kepala Polresta yang selanjutnya disingkat Kapolres adalah pimpinan Polri di daerah dan bertanggung jawab kepada Kapolda.
  3. c) Bagian Operasi yang disingkat Bagops adalah unsur pengawas dan yang membantu pimpinan di bidang operasional pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  4. d) Bagian Perencanaan yang disingkat Bagren adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang perencanaan program dan anggaran pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  5. e) Bagian Sumber Daya yang selanjutnya disingkat Bagsumda adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang personel, sarana dan prasarana serta hukum pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  6. f) Seksi Pengawasan yang selanjutnya disingkat Siwas adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang monitoring dan pengawasan umum pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  7. g) Seksi Profesi dan Pengamanan yang selanjutnya disingkat Sipropam adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang provos dan pengamanan internal pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  8. h) Seksi Keuangan yang selanjutnya disingkat Sikeu adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang keuangan pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  9. i) Seksi Umum yang selanjutnya disingkat Sium adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan di bidang administrasi umum dan pelayanan markas pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  10. j) Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu yang disingkat SPKT adalah pelaksana tugas pokok di bidang pelayanan kepolisian pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  11. k) Satuan Intelijen Keamanan yang disingkat Satintelkam adalah unsur pelaksana tugas pokok fungsi Intelkam pada tingkat Polresta.
  12. l) Satuan Reserse Kriminal yang selanjutnya disingkat Satreskrim adalah unsur pelaksana tugas pokok fungsi reserse kriminal pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  13. m) Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya yang selanjutnya disingkat Satresnarkobaadalah unsur pelaksana tugas pokok fungsi reserse narkoba pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  14. n) Satuan Pembinaan Masyarakat yang disingkat Satbinmas adalah unsur pelaksanaan tugas pokok berfungsi sebagai pembinaan masyarakat pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  15. o) Satuan Samapta Bhayangkara yang disingkat Satsabhara adalah unsur pelaksanaan tugas pokok fungsi samapta bhayangkara pada tingkat Polresta.
  16. p) Satuan Lalu Lintas yang selanjutnya disingkat Satlantas adalah unsur pelaksana tugas pokok fungsi lalu lintas pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  17. q) Satuan Pengamanan Objek Vital yang selanjutnya disingkat Satpamobvit adalah unsur pelaksana tugas pokok fungsi pengamanan objek vital pada tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.
  18. r) Satuan Kepolisian Perairan yang disingkat Satpolair adalah unsur pelaksanaan tugas pokok fungsi kepolisian perairan pada tingkat Polresta.
  19. s) Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti yang selanjutnya disingkat Sattahti adalah unsurpelaksana tugas pokok fungsi perawatan tahanan dan pemeliharaan barang bukti pada tingkat Polresyang berada di bawah Kapolres.
  20. t) Seksi Teknologi Informasi Polri yang disingkat Sitipol adalah unsur pendukung di bidang pelayanan teknologi dan informasi Polri di tingkat Polresta yang berada di bawah Kapolres.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *